Rabu, 10 April 2019

Membuat Desain Rumah Sehat Dan Ramah Lingkungan


Desain Rumah Sehat

Rumah sehat merupakan tempat bernaung yang mendukung sempurnanya kehidupan fisik, rohani, maupun sosial budaya. Sementara rumah ramah lingkungan merupakan rumah yang mendukung gaya hidup ramah lingkungan (go green) yang turut mengurangi penggunaan sumber daya alam dan harta pribadi baik secara individu maupun kelompok. Lalu bagaimanakah desain rumah sehat sekaligus ramah lingkungan? Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa menjadi panduan.

Cukup Ventilasi Dan Pencahayaan 

Rumah sehat memiliki cukup ventilasi dan pencahayaan alami. Lancarnya sirkulasi udara— termasuk oleh rancangan ventilasi silang—akan membuat ruangan segar karena lembap terantisipasi suplai oksigen tercuukupi. Penyinaran matahari pun turut menjaga kelembapan serta mencegah berkembangnya bakteri dan kuman pembawa penyakit. Aplikasi ventilasi dan pencahayaan alami berpotensi mendukung penghematan energi karena dapat mengurangi konsumsi AC atau penggunaan kipas angin maupun pemakaian lampu.

Aplikasi Material Yang Aman

Desain rumah sehat mengaplikasikan berbagai material yang tidak berbahaya ataupun memicu penyakit serta mendukung kenyamanan dan keamanan—tidak berpotensi menimbulkan kecelakaan. Misalnya, menghindari penggunaanmaterial yang mengandung zat berbahaya; memasang lantai bertekstur/antislip di kamar mandi; membuat ukuran tangga yang ergonomis dan sesuai standar keamanan; dan sebagainya.

Cukup Tersedia Air Bersih

Rumah sehat memiliki cukup air bersih dan sehat (tidak mengandung bahan berbahaya) untuk keperluan memasak dan MCK bagi seluruh anggota keluarga. Selain itu juga ramah lingkungan dengan upaya penghematan air dan terjaganya sumber air bersih (sumur, danlainnya.). Untuk mendukung penghematan air dapat diaplikasikan perlengkapan pintar, seperti keran otomatis, shower, kloset hemat air, danlainnya. Agar sumber air bersih terjaga, diberikan jarak yang tepat antara sumur dan septictank. Sementara untuk menjaga cadangan air tanah dilakukan pembuatan sumur resapan (biopori).

Rumah Berkonsep Sehat


Rumah Dan Lingkungan Bersih

Rumah sehat memiliki ruang dalam dan lingkungan sekitar yang bersih. Sebagai contoh, dapur dan tempat penyimpanan makanan selalu bersih dan higienis; kamar mandi bersih dan tidak lembap; dan tidak ada genangan air di lingkungan rumah. Kebersihan juga terkait erat dengan pengelolaan limbah cair maupun padat. Jadi, saluran air kotor harus dirancang dan dijaga agar tidak tersumbat; di lingkungan rumah disediakan beberapa wadah untuk menampung jenis sampah berbeda—organik, anorganik, elektronik,danlainnya.

Bagaimana? Sudahkah Anda memiliki ide membuat desain rumah sehat serta ramah lingkungan?

Informasi & Layanan Online Jasa Desain Rumah
HP : 082227972211,081567611860

0 komentar:

Posting Komentar