Selasa, 09 April 2019

Membuat Makin Cantik Rumah Dengan Variasi Cat Dekoratif



Banyak teknik pengecatan dekoratif yang dapat dilakukan dengan cara dan peralatan sederhana.Alah-alih sekadar melapisi dinding ruang dengan warna polos, teknik ini bertujuan mendekorasi ruang dengan hasil pengecatan yang cenderung tidak biasa, unik dan artistik. Yuk, ketahui beberapa teknik cat dekoratif berikut ini!

Sponging

Seperti namanya, teknik sponging menggunakan spons sebagai alat kerja. Spons yang telah dicelupkan ke dalam cat emulsi ditepuk-tepukkan ke permukaan dinding yang dikehendaki. Hasilnya berupa pola bercak sesuai tekstur spons yang digunakan. Pilihan spons dapat berupa spons sintetis atau spons berbahan natural (sea sponge, danlainnya.). Cat emulsi tidak perlu diencerkan.

Ragging

Teknik raggingdilakukan dengan menepuk-nepukkan gumpalan kain bersih ke permukaan cat basah (cat emulsi dicampurlem PVAC putih/Fox). Ada juga cara lain, yaitu terlebih dahulu dinding dilapisi cat dasar; setelah cat mengering tepuk-tepukkan gumpalan kain yang sudah dicelupkan ke dalam cat dekoratif. Sebenarnya teknik ini mirip dengan sponging, hanya berbeda alatnya.

Dragging

Teknik dragging akan menghasilkan pola garis-garis pada dinding. Teknik ini bisa dilakukan sebagai lanjutan penerapan cat polos, yaitu dengan menyapukan kuas bersih pada permukaan cat yang masih basah. Penyapuan dilakukan satu arah dari atas ke bawah tanpa terputus dengan memberi tekanan pada bulu-bulu kuas. Di pasaran tersedia kuas khusus untuk teknik dragging, tetapi dapat juga dipakai kuas berbulu panjang. Untuk menghasilkan garis lebih tebal, cat emulsi dicampur lemPVAC putih.

Colour Washing

Teknik colour washing menghasilkan pola acak sesuai sapuan kuas secara berulang-ulang. Cat yang digunakan diencerkan dengan air; atau dicampur dengan cairan pengkilat (emulsion glaze) dan lem PVAC putih. Penekanan kuas, arah gerakan, dan kekentalan cat akan memengaruhi pola yang didapat.

Combing

Teknik combing yang dilakukan dengan bantuan sisir cat berbahan karet (rubber paint comb) ini dapat menghasilkan beragam pola unik, misalnya polaserat kayu atau spiral.Caranya, dengan menyapukan sisir karet pada permukaan cat basah dengan gerakan tertentu sesuai pola yang diinginkan. Sebaiknya digunakan cat emulsi yang dicampur lem PVAC putih.

Itulah beberapa teknik pengecatan dekoratif. Anda pun dapat menciptakan berbagai pola pengecatan yang unik dan personal karena pada dasarnya, cat dekoratif dihasilkan dari suatu kreativitas.


Informasi & Layanan Online Jasa Desain Rumah
WA : 082227972211, CALL/SMS : 081567611860

0 komentar:

Posting Komentar