Minggu, 26 Mei 2019

Mengenal Jenis Pasir Yang Baik Untuk Konstruksi

Pasir merupakan salah satu jenis bahan bangunan yang wajib disediakan untuk membuat bangunan permanen. Pasir digunakan untuk berbagai jenis fungsi. Mulai dari campuran adonan untuk pondasi, dinding maupun untuk pelapisan tembok. Selain itu, pasir juga digunakan sebagai bahan untuk membuat cor. Lalu, jenis pasir untuk cor yang baik itu bagaimana?

Jenis pasir untuk cor, tentunya tidak sama dengan jenis pasir yang digunakan untuk melapisi tembok. Karena jenis pasir yang digunakan untuk melapisi tembok atau merekatkan dinding bata, biasanya bertekstur halus dan sedikit kandungan batu kasarnya. Dengan begitu, lapisan tembok akan terlihat halus dan tidak menimbulkan tonjolan akibat adanya campuran kerikil dalam adonan tersebut.

Pasir Gunung

Di kawasan Jawa Tengah salah satu jenis pasir untuk cor yang banyak disukai adalah jenis pasir Muntilan. Jenis pasir ini berasal dari erupsi gunung Merapi yang ditambangg di daerah Muntilan, Jawa Tengah. Tekstur pasir ini cenderung agak kasar dan memiliki kandungan batuan lebih besar. Sehingga, apabila digunakan untuk membuat cor akan menambah kekuatan dari tulang bangunan yang berasal dari besi.

Adapun jenis pasir untuk cor yang baik untuk digunakan memiliki beberapa standar, antara lain:

1. Tektur pasir untuk cor berupa butiran tajam dank eras dengan indek kekerasan kurang dari 2,2.

2. Kandungan lumpur dalam pasir, tidak boleh melebihi kadar 5%.

3. Kandungan organik yang terdapat dalam lumpur tidak boleh mengandung banyak bahan organik.

4. Modulus kehalusan pasir berkisar antara 1,5 sampai 3,8 serta tersusu dan butir yang beraneka ragam.

5. Pasir yang akan digunakan harus memberikan reaksi negative pada alkali yang digunakan untuk beton dengan tingkat keawetan yang cukup tinggi.

Namun demikian, para praktisi di lapangan biasnya menggunakan metode lain untuk melihat apakah sebuah pasir bisa layak digunakan sebagai bahan cor atau tidak. Caranya adalah dengan membentuk kepalan pada pasir tersebut dengan menggunakan tangan. Apabila pasir yang dikepal dengan tangan tidak menggumpal, maka pasir tersebut dianggap baik untuk bahan pembuatan cor.

0 komentar:

Posting Komentar