Senin, 27 Mei 2019

Sudah Tahu Apa Kelebihan Hebel?

Hebel atau juga dikenal dengan batu bata ringan adalah jenis material kontruksi bangunan yang menggantikan bau bata merah. Bobot hebel lebih ringan dibandingan dengan batu bata atau juga batako. Hebel terbuat dari bahan campuran seperti pasir, semen, kimia busa, gypsum, kapur, pasta aluminium serta air. Proses pembuatannya pun dilakukan di pabrik, sehingga tidak menggunakan sistem manual sebagaimana batu bata merah. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan hebel, sehingga pada saat ini banyak dipilih sebagai bahan pembuat kontruksi perumahan atau bangunan bertingkat lain.

Mengapa batu hebel juga dipilih oleh para pengembang perumahan? Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan hebel sehingga dipilih untuk bahan bangunan di perumahan saat ini. Hebel memiliki harga yang lebih ringan dibandingkan dengan jenis batu bata atau batako.

Hebel sebenarnya juga bukan produk baru dalam dunia kontruks. Sejak tahun 1923, hebel sudah mulai digunakan untuk mendukungan pembuatan bangunan di Swedia. Bahkan, negara super modern Jerman pun sudah menggunakan hebel sejak tahun 1943 sebagai bahan pembuat bangunan. Di Indonesia sendiri, hebel sudah mulai digunakan sejak tahun 1995. Hanya saja, perkembangannya belum seperti sekarang karena masyarakat dahulu masih lebih menyukai menggunakan batu bata untuk membuat bangunan.

Kelebihan Hebel

Lalu, apa saja sebenarnya kelebihan hebel, sehingga di negara maju pun menggunakan bahan baku ini sebagai bahan pembuat bangunan? Ada beberapa kelebihan hebel, antara lain:

1. Bobotnya lebih ringan dibandingkan dengan batu bata lain sehingga beban struktur bangunan pun menjadi lebih ringan.

2. Bentuk hebel lebih rapi karena dibuat dengan menggunakan mesin pabrik.

3. Hebel merupakan salah satu jenis bangunan yang tahan terhadap gempa. Karena bobotnya yang ringan, sehingga lebih mudah beradaptasi terhadap goncangan dan menjadikan resiko roboh lebih kecil dibandingkan dengan bata merah.

4. Hebel memiliki sifat yang kedap api sehingga lebih aman apabila terjadi bahaya kebakaran.

5. Hebel lebih kedap suara.

6. Proses pemasangan lebih mudah karena menggunakan perekat.

0 komentar:

Posting Komentar