Sabtu, 24 Agustus 2019

Mengenal Material Yang Digunakan Untuk Membangun Rumah

Untuk membuat sebuah bangunan entah itu berupa rumah, gedung tempat usaha, tempat ibadah atau yang lain anda membutuhkan beragam material. Agar tidak salah memilih Anda perlu mengenali beberapa material yang sering digunakan diantaranya :

1. Batako
Material ini bisa Anda pilih sebagai alternatif jika ingin menghemat pengeluaran karena biayanya yang cukup murah. Tak hanya itu saja , material yang terbuat dari campuran pasir dan semen yang dicetak ini lebih mudah dipotong, tahan air, dan waktu pemasangannya relatif cepat. Namun ada kekurangan material ini yang perlu Anda ketahui yaitu mudah pecah, mudah retak, dan rumah terasa panas.

2. Batu Bata
Bahan utama untuk membuat material ini adalah tanah liat yang mengalami proses pencetakan, penjemuran, dan pembakaran hingga kering. Jika menggunakan batu bata untuk membangun rumah, ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan, seperti mudah diperoleh, rumah tidak panas, serta tahan air dan api. Meskipun demikian, Anda juga harus memikirkan kekurangannya, seperti beban lebih berat, kemungkinan besar akan tersisa banyak, dan waktu pengerjaanya lebih lama.

3. Beton
Material yang satu ini terbuat dari campuran air, kerikil, pasir, dan semen. Kelebihan beton adalah mudah dibentuk, mudah diperoleh, tahan lama, dan tingkat kekuatannya sangat tinggi. Sementara itu, kekurangannya adalah memiliki beban yang sangat berat.

4. Gipsum
Biasanya, material yang terbuat dari campuran kapur dan bubur kertas ini digunakan di langit-langit dan partisi rumah. Kelebihan gipsum adalah lebih elegan, lebih tipis, mudah diperbaiki, dan waktu pemasangannya lebih cepat. Sementara itu, kekurangannya adalah mudah berjamur dan tidak tahan air.  
Keempat material di atas dapat Anda gunakan untuk membangun rumah. Pilihlah material yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya Anda.

0 komentar:

Posting Komentar